Langsung ke konten utama

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN

KESEIMBANGAN LINGKUNGAN
KD 3.5: Memahami Keseimbangan Lingkungan
       4.5 : Memecahkan masalah dalam Upaya menjaga keseimbangan Lingkungan

A. Pengertian Keseimbangan Lingkungan 
Lingkungan hidup adalah keasatuan ruang dengan benda , daya keadaan, dan mahluk hidup, termasuk kedalamnya manusia dan perilakunya.
Keseimbangan Lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam maupun dari aktivitas manusia, serta kemampuan lingkungan dalam menjaga kestabilan hidupnya. keseimbangan lingkungan akan tercapai bila ada interaksi organisme dengan lingkungannya dan interaksi antar komponen dalam suatu lingkungan dapat berjalan dengan proporsional. contoh lingkungan yang seimbang yaitu hutan, karena jumlah masing masing komponen biotik di hutan tidak saling mendominasi sehingga terbentuk rantai dan jaring makanan. 
Lingkungan tidak seimbang terjadi bila ada perubahan berupa pengurangan fungsi dari komponnen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya rantai dalam ekosistem.
B. suksesi
suksesi adalah proses perubahan komposisi dalam suatu komunitas biologi akibat adanya gangguan komunitas. gangguan yang masuk kedalam lingkungan yang berada pada ambang batas toleransi, maka kesimbangan lingkungan akan terganggu. gangguan yang masuk dapat disebabkan secara alami dan perbuatana manusia. contoh gangguan yang termasuk alami adalah gempa bumi, badai, tornado, gunung meletus. yang perbuatan manusia seperti kebakaran hutan, banjir, tanah longsor, dll.
suksesi terdapat dua macam yaitu:
1. suksesi primer yaitu suksesi yang terjadi bila komunitas asal terganggu, yang mengakibatkan hilangnya komunitas asal sehingga ditempat komunitas asal terbebtuk habitat baru.
2. suksesi sekunder yaitu terjadi bila suatu gangguan terhadap komunitas tidak bersifat merusak total tempat komunitas tersebut sehingga masih terdapat kehidupan/substrat seperti sebelumnya. gangguan yang menyebabkan terjadinya suksesi sekunder dapat berasal dari perostiwa alami atau akibat kegiatan manusia. 
3. komunitas klimaks yaitu komunitas yang dihasilkan dari proses suksesi yang didominasi organisme yang memiliki umur panjang seperti, pohon pohon besar, dan hewan yang memiliki siklus hidup yang panjang.
C.Saling Ketergantungan antara Komponen Ekosistem

- Saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik
Hubungan antara komponen biotik (produsen,konsumen, dan pengurai) dan lingkungannya saling mempengaruhi. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karean komponen ekosistem berperan dalam kondisi seimbang serta pemindahan energi dan siklus biogeokimia dapat berlangsung secara seimbang.

- Kondisi komponen ekosistem

Contoh kondisi komponen ekosistem berdasarkan dampaknya baik di tingkat lokal,regional, nasional dan global yaitu :
1. Pada tingkat lokal
a. Kekeringan : Kekurangan air yang terjadi akibat sumber air tidak dapat menyediakan kebutuhan air bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.
b. Banjir : merupakan fenomena alam ketika sungai tidak dapatmenampung limpahan air hujan karena proses perembesan mengalami penurunan.
c. Longsor : Terkikisnya dratan oleh aliran air karena penahanan air (daerah hijau atau tumbuhan ) berkurang.
d. Erosi pantai (abrasi) : Terkikisnya lahan daratan pantai akibat gelombang air laut.
e. Intrusi air laut : Masuknya air laut mengisi ruang bawah tanah akibat air tanah telah banyak digunakan oleh manusia dan tidak adanya tahanan intrusi air laut.

2. Pada tingkat Regional
a. Kebakaran hutan : Terjadia karena proses alamai atau ulah manusia yang sengaja membakar hutan untuk lahan pertanian atau perkebunan/
b. Pencemaran minyak lepas pantai : Hasil eksploitasi minyak bumi diangkut oleh kapal tangki ketempat pengolahan minyak yang mengalami kebocoran sehingga menyebabkan kematian organisme laut.

3. Pada tingkat Nasional
a. Deforestasi : menurunnya luasan hutan yang terjadi akibat kegiatan illegal logging. Dampaknya terjadi penurunan sumber daya alam baik hasil utan maupun konservasi air.
b. Pencemaran limbah industri : masuknya atau dimasukannya zat oleh kegiatan manusia sehingga terjadi penurunan kualitas lingkungan.

4. Pada tingkat Global
a. Pemanasan global (global warming) : fenomena peningkatan suhu global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas karbondioksida,metana,dinitrooksida dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer.
b. Penipisan lapisan ozon : berkurangnya lapisam ozon dalam stratosfer dan terbentuk lubang ozon yang semakin luas sehingga radiasi ultraviolet lebih banyak sampai kepermukaan bumi.
c. Hujan asam : segala macam hujan asam dengan pH dibawah 5,6 dampaknya yaitu proses korosi dengan cepat, iritasi pada kulit.
d. Pertumbuhan populasi : pertambahan penduduk dunia yang yang menyebabkan peningkatan sumber daya dan ruang.
e. Desertifikasi (penggurunan) : terjadi penurunan kemampuan daratan akibat aktivitas manusia dan iklik yang bervariasi.
f. Pencemaran limbah B3 : merupakan limbah bahan berbahaya dan beracun yang penanganandilakukan secara khusus, dampaknya bersifat akut sampai kematian bagi makhluk hidup.

  
D. Dampak Eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem
beberapa dampak negatif terhadap ekosistem akibat eksploitasi berlebihan manusia:
1. Fragmentasi degradasi habitat
kawasan hutan yang pepohonannya banyak ditebang untuk memenuhi kesejahteraan manusia atau pembangunan jalan yang melintasi hutan merupakan contoh pragmentasi habitat. pragmentasi dan degredasi habitat menyebabkan munculnya berbagai masalah, antara lain seperti kematian organisme karena kehilangan sumberdaya alam dan sumberdaya makanan dan tempat tinggal dan menurunnya keanekaragaman spesies pada habitat tersebut.
2. Terganggunya Aliran Energi Dalam Ekosistem
ketika proses penebangan dan kebakaran hutan selesai, maka kawasan tersebutkemudian mengalami akan ditanami satu jenis tumbuhan , contoh: padi,hal itu menyebabkan aliran energi yang semula komplek, yaitu: antara beberapa jenis produsen, konsumen, dekomposer. 
3. Resistensi beberapa Spesies merugikan
penggunaan pestisida dan antibiotik yang berlebihan untuk membunuh populasi organisme yang merugikan dapat menyebabkan munculnya populasi organisme yang kebal terhadap pestisida dan antibiotik.
4. hilangnya spesies penting dalam ekosistem
hilangnya satu organisme dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam ekosistem. misalnya bila disawah predator untuk memakan tikus seperti elang dan burung hantu maka akan menyebabkan meningkatnya jumlah tikus.
5. Introduksi spesies Asing 
Introduksi spesies asing dapat merugikan dalam suatu ekosistem karena spesies tersebut tidak memiliki predator alami. contohnya ledakan populasi tanaman eceng gondok, dikarenakan tidak terdapatnya predator alami, yang mengontrol pertumbuhan populasi tanaman tersebut.
6. Berkurangnya Sumberdaya Alam Terbaharui
semua sumberdaya alam yang dapat diperbaharui seperti kayu, tanduk, dan gading jika digunakan dan dieksploitasi secara berlebihan akan menurunkan jumlah dan kualitas sumberdaya alam tersebut.
7. Terganggunya Daur Materi dalam Ekosistem
meningkatnya aktivitas manusia dunia berpengaruh terhadap daur biogeokimia. contohnya daur karbon yang terganggu akibat semakin banyaknya penggunaan bahan bakar. melimpahnya CO2 yang dihasilkan dari proses pembakaran dapat memberikan efek buruk, salah satunya adalah pemanasan global.
E. Upaya Menjaga Keseimbangan Lingkungan
     Dilakukan didalam rumah adalah:

  1. Kurangi penggunaan bahan kimia pencemaran lingkungan
  2. Mengurangi penggunaan plastik
  3. Mengurangi produk sampah rumah tangga
  4. Memisahkan sampah yang organik dan anorganik
  5. Hemat dalam penggunaan air
  6. Menghemat penggunaan listrik
  7. Menghindari pemborosan bahan bakar
   Dilakukan dilingkungan adalah:

  1. Melakukan reboisasi
  2. Melindungi satwa langka
  3. Bijak dalam bercocok tanam
  4. Mengkonsumsi hasil pertanian dan peternakan dalam negeri
  5. Melakukan analisa mengenai dampak lingkungan atau AMDAL
F. Perlindungan Komponen Ekosistem

 - Perlindungan komponen abiotik

 1. Perlindungan tanah
 Beberapa perlindungan tanah yaitu dengan rotasi tanaman, pemupukan yang seimbang, serta pencegahan erosi dan banjir dengan melakukan reboisasi lahan-lahan kritis, melakukan tebang pilih dan membuat sumur resapan di perkotaan.

 2. Perlindungan air
Beberapa usaha untuk mengatasi pemenuhan air bersih dapat dilakukan dengan menggunakan pemakaian air secara bijaksana, membuat sumur resapan dan menjaga daerah resapan, memelihara tumbuhan di sekitar lingkungan serta mengolah limbah cair.

3. Perlindungan udara
Cara perlindungan udara dilakukan dengan pemeliharaan tumbuhan hijau di setiap lingkungan.

- Perlindungan Komponen Biotik

Perlinfungan komponen biotik dilakukan dengan perlindungan in situ dan ex situ
1. Perlindungan in situ yaitu perlindungan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya. Perlindungan in situ dilakukan dengan membuat.
a. Cagar alam : kawasan untuk perlindungan seluruh keadaan alamnya baik perlindungan terhadap flora, fauna, tanah keindahan alamnya.
b. Hutan lindung : awaasan untuk melinungi lahan agar tidak erosi dan untuk mengatur tata air.
c. Suaka margasatwa : kawasan untuk melindungi fauna.
d. Taman nasional : kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, pariwisata dan rekreasi.
e. Taman laut : kawasan yang memilik keindahan laut dan berfungsi untuk melindungi flora dan fauna laut.

2. Perlindungan ex situ yaitu perlindungan tumbuhan maupun hewan dengan cara memindahkan individu yang dilestarikan dari habitat aslinya untuk dipelihara di tempat lain.
Yang termasuk kawasan perlindungan ex situ : taman hutan, kebun raya, kebun binatang.



    # Kegiatan Inti


Pemberian rangsang (stimulus)
§  Guru meminta siswa untuk melihat tayangan video mengenai biotik dan abiotik
§  Siswa melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media yang disediakan guru mengenai keseimbangan lingkungan
Identifikasi masalah
  • Guru meminta siswa membentuk kelompok belajar sekitar 5-6 orang perkelompoknya  dan meminta merumuskan pertanyaan berdasarkan tayangan yang disediakan.
  • Siswa  merumuskan beberapa pertanyaan mengenai tayangan yang disediakan guru mengenai keseimbangan lingkungan yang tidak dipahami pada tayangan tersebut.
  • Siswa mendiskusikan Siswa mendiskusikan pertanyaan yang terkait dengan tayangan dan beberapa tambahan pertanyaan dari guru berkaitan dengan :
  • Guru meminta siswa untuk menggunakan berbagai sumber yang ada, baik media buku, dan internet untuk mendapatkan informasi guna menjawab permasalahan.
  • Siswa Menggali informasi dan membaca serta mengeksplorasi sumber yang ada untuk memecahkan permasalahan.

Komponen ekosistem
Mengumpulkan informasi

  • Guru meminta siswa untuk menggunakan berbagai sumber yang ada, baik media buku, dan internet untuk mendapatkan informasi guna menjawab permasalahan.
  • Siswa Menggali informasi dan membaca serta mengeksplorasi sumber yang ada untuk memecahkan permasalahan.

verifikasi data
  • Siswa diminta merumuskan  kesimpulan dan mencoba mengolah informasi guna menjawab pertanyaan.
Pengolahan data dan pembuktian/mengkomunikasikan
  • Guru meminta  Siswa untuk menyajikan/ mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok  baik secara manual (papa tulis, peraga) maupun secara media Power Point) (guru memfasilitasi dengan permainan snow ball trowing)
  • Siswa menyajikan/ mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
  • Siswa lain dan guru memberikan tanggapan terhadap presentasi.
  • Presentator  menerima tanggapan dari siswa lain dan guru. presentator memperbaiki hasil presentasi dan membuat simpulan
  • Guru memberikan penekanan dan meluruskan jawaban siswa serta memberikan koreksi terhadap sajian materi  yang belum tepat, serta memberikan reinforment positif kepada semangat semua kelompok diskusi.
Catatan:
     Selama pembelajaran berlangsung guru mengamati    sikap peserta didik meliputi  disiplin,  tanggung jawab dan sopan santun.

Penilaian Pengetahuan
Individu
Butir Soal





Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Sangat membantu dan mudah dimengerti bagi para pembaca

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat membantu dlm proses belajar kami,maka dari itu kita harus menjaga lingkungan #hannyNurjanah#fitriani#poponNurpatonah#riskaseptiani#XOTKP2

    BalasHapus
  4. Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat. Dapat memberi pengetahuan kami yang tadinya tidak tahu jadi mengetahui nya

    BalasHapus
  5. Menurut saya sangat membantu dalam pelajaran

    BalasHapus
  6. Menurut saya artikel ini sangat membantu dalam pembelajaran

    BalasHapus
  7. Suksesi primer disebabkan secara alami

    BalasHapus
  8. Menurut saya artikel ini sangat bagus untuk pembelajaran dan mudah dimengerti

    BalasHapus
  9. Menurut saya artikel ini sangat membantu dalam hal pelajaran dan sangat bermanfaat dan sangat dimengerti bagi para pembaca

    BalasHapus
  10. Blog ini sangat bermanfaat bagi kami para pelajar yang akan mempelajari tenteng Keseimbangan Lingkungan,, Bahasanya sangat ringan dan mudah untuk di pahami.
    #Utlu Jannah #X OTKP 2

    BalasHapus
  11. Menurut saya lingkungan akan seimbang jika manusia dan lingkungan dapat berinteraksi dengan baik dan manusia berupaya agar lingkungan tersebut tetap seimbang.

    BalasHapus
  12. Blog ini sangat bermanfaat bagi kami para pelajar yang akan mempelajari tenteng Keseimbangan Lingkungan,, Bahasanya sangat ringan dan mudah untuk di pahami.
    #Utlu Jannah #X OTKP 2

    BalasHapus
  13. menurut saya artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk mempelajari keseimbangan lingkungan dan sangat lengkap sekali
    ,,kita harus menjaga lingkungan kita agar seimbang.

    BalasHapus
  14. Artikelnya mudah di mengerti dan saya jdi sadar untuk lebih menjaga lingkungan dengan lebih baik lagi

    BalasHapus
  15. Saya Ahmad hidayat X otkp 2 . Mengenai isi dari blog tersebut yang judulnya keseimbangan lingkungan .menjelaskan bahwa lingkungan beradaptasi terhadap ancaman yang Meraka terima.

    BalasHapus
  16. Perubahan yang besar dalam waktu singkat dapat menyebabkan keseimbangan lingkungan menjadi terganggu. Perubahan tersebut dapat disebabkan secara alami maupun tidak. Namun sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia yang kurang memperhatikan lingkungannya

    Hilda Nia Oktaviani
    X OTKP 2

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Blog ini sangat membantu bahwa kita harus menjaga lingkungan.
    NurlelaAmaliah Xotkp2

    BalasHapus
  19. Menurut saya blog ini mencakup tentang keseimbangan lingkungan dapat di pahami oleh si pengelihat dan dapat di mengerti tentunya

    BalasHapus
  20. Menurut saya keseimbangan lingkungan mencakup suksesi dan komunitas klimaks
    Untuk itu manusia harus harus berinteraksi dengan linkungan sekitar #rinamulyani#xotkp2

    BalasHapus
  21. Menurut saya blog ini mencakup tentang keseimbangan lingkungan dapat di oahaminoleh si penglihat dan dapat dimengerti tentunya

    BalasHapus
  22. Menurut saya blog ini sangat bermanfaat untuk di mengerti dan di hapalkan sebagai sarana ilmu keseimbangan lingkungan
    # siti julia salma X otkp 2

    BalasHapus
  23. Menurut saya,artikel ini sangat bermanfaat bagi kami yang mempelajari ilmu pengetahuan alam tentang keseimbangan lingkungan

    #Ima Hilmayanti X OTKP 2

    BalasHapus
  24. Menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dalam pelajaran dan mudah di mengerti untuk yang membacanya
    # Eva Syaripah dan Dewi Rahmawati X otkp 2

    BalasHapus
  25. menurut saya artikel ini sangat bermanfaat dan membantu sebagai penunjang proses belajar, saya menjadi tahu tentang keseimbangan lingkungan dan dapat mempelajarinya dengan mudah karena artikelnya lengkap dan dapat di mengerti

    BalasHapus
  26. Artikel ini sangat bermanfaat dan membantu.#venny Azhari n#irsanti Septina d#rismawati#asri Pebriani#X OTKP 2

    BalasHapus
  27. Harrah's Casino and Racetrack - Mapyro
    The Casino at 안양 출장샵 Harrah's Cherokee is 안동 출장마사지 a casino and racetrack 광명 출장샵 in 경주 출장샵 North Carolina, North 정읍 출장샵 Carolina. The casino opened on May 26, 1946 in the Murphy

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS KELOMPOK AMDAL X

TUGAS KELAS X  KD 3.8 Menganalisis AMDAL        4.8 Melakukan kajian AMDAL pada lingkungan sekitar 1. Buat kelompok perkelas menjadi 6 kelompok 2.  Buatlah laporan AMDAL dari keadaan lingkungan dibawah ini.pada kertas polio. 3. kerjakan dalam waktu 2jam pelajaran.dikumpulkan. 4. pilih masalah dari kegiatan dibawah ini.     a. limbah dari pertanian.       b.  limbah asap pabrik     c.  pabrik keripik                        d.  kompeksi                e.  peternakan sapi                     f.  Pabrik tahu         5. hal yang harus ada dalam laporan: a. Deskripsikan rencana yang akan dikaji meliputi;                     ...

TUGAS K3 INDIVIDU (2)

TUGAS INDIVIDU (2) WAKTU: 2X45 1. K3 merupakan perkembangan dari.... a. OASH b. OSH c. ILO d. WHO e. UN 2. Salah satu tujuan awal dibentuknya standard keselamatan dan kesehatan di tempat kerja adalah.... a. Perang b. Kelaparan c. Bencana alam d. Moral e. Kemiskinan 3. Beberapa jenis resiko yang bisa dimiliki oleh pekerja di tempat kerja, kecuali.... ) a. Agama b. Fisik c. Kimia d. Psikologis e. Lingkungan 4. Perjanjian resmi yang memuat tentang K3 dan ditandatangani oleh President Richard M. Nixon adalah.... a. OSH b. OSHA c. NIOSH d. SOSH e. OSA 5. Beberapa jenis ilmu yang dipelajari dan dipakai dalam penerapan K3, kecuali... a. Perilaku b. Teknologi c. Alam d. Kesehatan e. Agama 6. Berikut ini merupakan Undang-undang yang memuat tentang Keselamatan Kerja...... a. UU No.1 Thn 1971 b. UU No.2 Thn 1977 c. UU No.1 hn 1977 d. UU No.1 Thn 1970 e. UUD’45 Pasal 29 7. Yang mempengaruhi Anthropometri antara lain, kecua...